Skip to main content

Lucid Dream


LUCID DREAM : KESADARAN DALAM MIMPI


   Apa sih yang lo tau tentang mimpi? mungkin jawaban dari beberapa orang kalo mimpi ini sesuatu fenomena yang lo dapet ketika tidur. Ya bener, lo gasalah. atau bahkan ada yang bilang itu indra ke 6. Ya bener, lo beneran giting. Tapi gua disini gamau permasalahin itu, gue disini mau sharing tentang LUCID DREAM. Mungkin sebagian dari lo banyak yang gak tau tentang ini. Bagi lo yang gak tau, lo termasuk orang yang menyesal men. sebab tuhan menciptakan otak manusia itu luar biasa, sayang kalo lo gak gunain sebaik-baiknya. Hidup cuman sekali, hargailah setiap detik lo hidup untuk mempelajar/mengetahui hal yang baru. Pernah gak sih lo ngerasain mimpi yang begitu jelas? kaya mimpi dikejar setan, atau bahkan mimpi basah ketemu orang yang bener-bener lo sayang. Sampe-sampe lo bilang "anjir kok nyata banget", "anjir gue bisa ngendaliin mimpi", "anjir padahal bentar lagi keluar"ehYa pokoknya gitu deh, itu semua bener. LO BISA NGENDALIIN MIMPI! percayalah men, bakal gue kuak disini. "tapi gue masa gak pernah mimpi?" kalo ada orang yang ngomong kaya gitu, sabet aja mukanya pake bambu. Sebab menurut penelitian, setiap manusia diberi lebih dari 1 mimpi, bahkan bisa sampai 7 atau 8 kali dalam tidurnya. Memang kita akan terlupa hampir 90% mimpi yang kita dapat, 50% yang kita ingat ketika 5 menit terjaga dari tidur, 10% setelah 10 menit kemudian. Makannya nanti ada tahap dimana lo harus nyatet mimpi lo setelah bangun tidur, atau yang biasa di sebut Dream Journal (DJ), yang akan kita bahas nanti~. Atau lo bisa mengkonsumsi pisang untuk memperjelas dan meningkatkan kesadaran ketika di alam mimpi, karena menggandung vitamin B6, atau kalo gak suka pisang bisa mengkonsumsi yang lain yang mengandung vitamin B6. "keuntungan gue apa pelajarin Lucid Dream?", HA-HA pertanyaan yang cukup menggelitik, BANYAK. Lo pernah gak sih pengen banget jadi superman? spiderman? Saras008 ? atau Raden Kian Santang? yang bisa terbang, kebal, kuat, ilang, dll. Semua bisa lo lakuin men, sebab ini mimpi lo! Dunia lo sendiri. Lo adalah sang pencipta disana, bahkan lo bisa ngelakuin sex hal-hal konyol tanpa memperdulikan hukuman, dan pelanggaran norma. "ah gak bermanfaat!" yeh sabar men, barusan kan biar pada tertarik ajaBanyak hal-hal  positif yang akan gue bahas nanti, "yaudah gimana cara dapet Lucid Dream?" oke sebelum masuk ke tahap tahapnya, gue mau buat Question (Q) & Answer (A)  , biar lo gak jadi stupid reader  

Q : Lucid Dream bahaya gak sih?  
A : ENGGAK! enggak sama sekali!

Q: Tapi gue takut kaya di film Insidious
A: Itu bukan Lucid Dream, itu Astral Projection atau Meraga Sukma. 

Q: Segala sesuatu kan ada resikonya, kalo Lucid Dream Resikonya apa?
A: Hampir gaada sama sekali, mungkin lo cuman pengen molor terus

Q: Gue udah baca nih, tapi kok gak dapet Lucid Dream?! ah penulisnya ngibul nih!
A: Apa anak kecil yang baru belajar merangkak sehari langsung bisa sikap lilin? 

Q: Ah guemah udah sering Lucid Dream, gue mimpinya ngerasa kaya beneran
A: Yakin? ngikutin alur mimpi apa lo gerakin?

Q: ...
A: HA. mungkin yang lo maksud vivid

Q: Emang apa bedanya vivid sama Lucid Dream?
A: Vivid itu mimpi yang lo dapet jelas, tapi lo cuman bisa ngikutin alur cerita mimpi yang dibuat alam bawah sadar lo. Kaya mimpi dikejar setan gitu deh

Q: Lo tau Lucid Dream dari mana sih? kayaknya sok banget ngajarin orang-orang
A: Dari internet, buku, dll

Q: Emang lo udah pernah?
A: Udah, makannya gue berani nulis tentang ini. Sebab beberapa informasi yang gue tulis berdasarkan pengalaman Lucid Dream gue

Q: Ohyaudah, penulisnya ganteng ga?
A: Ganteng




APA YANG HARUS GUE LAKUIN? 




   Apa yang harus gue lakuin sekarang? mungkin itu pertanyaan dibenak lo setelah baca diatas tadi, atau gue ngapain sih disini? mungkin itu pertanyaan dibenak lo setelah baca diatas tadi yang bagi lo gak penting. Setelah membaca diatas tadi, mungkin lo tertarik untuk mempelajari ini. Sebelum gue lanjutin gue membagi Lucid Dream(LD) jadi 3 level : 


LD Low : Lo bisa gerakin mimpi lo, cuman remang-remang gitu deh. kaya melotot ketika hujan, dan biasanya mimpi lo gak bertahan lama sampe akhirnya lo bangun trus kicep

LD Mid : Di tingkat ini mimpi lo cukup jelas, dari organ tubuh lo begitu asli sampe kondisi sekitar begitu real. yang jelas lo bisa ngelakuin apapun di dalam mimpi

LD High : Ini yang biasa di cari orang-orang, semua lebih nyata dari tingkatan Mid. Dari objek disekitar lo begitu detail dan real, seluruh indra tubuh bisa lo gunain semaksimal mungkin, dari melihat pemandangan sekitar, mendengar suara burung, sampe menghirup aroma tai burungnya, terus kalo nge raba-raba terasa beneran. Jadi intinya kaya di dunia nyata

   Sebetulnya banyak teori teori dan pengetahuan yang terkait dengan Lucid Dream, seperti REM dan NONREM, Dream Sign, DLL. Berhubung ini 2014 menjelang 2015, gue tau orang orang jaman sekarang tuh pengen dapet segala sesuatu dengan cara instan, kan tai semakin rajin. Jadi gue bakal sharing dengan cara gue sendiri supaya dapet Lucid Dream ya lebih simple lah pokoknya. 




Pertama : Buat Dream Journal 



   Lo tau buku diary kan? yang biasanya curhatan-curhatan manja di tulis disitu. Sama halnya kaya Dream Journal(DJ) , TAPI kalo DJ itu lo nulis apa yang lo dapet saat tidur, yaitu mimpi . Udah gue singgung di atas tadi, tentang ingetan manusia terhadap mimpi. Jadi hal ini jelas berguna untuk mempertajam ingatan kita terhadap mimpi, teori kecilnya begini. "Semakin lama nama pacar lo di pasang di status, semakin lama juga lupanya ketika sudah jadi mantan" ya kurang lebih kaya gitu. Yaudah dari pada banyak cingcong hal yang dibutuhkan, adalah :

1) Buku baru/bekas, terserah lo dah
2) Pulpen atau alat tulis lainnya
3) Pacar bila perlu

   Udah ada nih, terus aing kudu kumaha? inget men, menurut gua ini tahap paling dasar untuk mendapatkan LD, ini adalah kunci dasar untuk memasuki gerbang LD. Jadi lo harus rajin-rajin nulis mimpi, ya emang jujur aja gue males banget kalo bangun tidur aja udah harus nulis dengan mata yang keberatan belek, dan pikiran yang masih gatau kemana. yang harus lo lakuin adalah

  Pertama : sebelum lo tidur, taro alat tulis & buku persis disamping tempat dimana lo bakal tidur, dibawah bantal atau dimanapun yang penting deket.
 Kedua     : abis itu tenangin pikiran, dan rileks sampe lo bobo ganteng
 ketiga     : setelah lo bangun, inget jangan memikirkan sesuatu yang bakal lo lakuin setelah bangun, cukup tenang jangan grasak grusuk, jangan langsung bangun, apalagi langsung kayang. Kicep-kicepin mata sambil inget inget lagi lo barusan mimpi apaan, usahain inget sedetail mungkin. 
 keempat  : setelah lo berusaha untuk inget inget mimpi apaan, buru-buru cari alat tulis dan buku. Tulis apapun yang lo inget, walaupun itu cuman 1 kalimat, contoh   :


Hari minggu, 7 Des 2014 
Gue barusan mimpi makan beling, abis itu gue disabet pake bambu sampe gue terbang ke bekasi. Tiba tiba ada kakek kakek yang ngasih telur, terus kakek itu bilang "ini telur adalah fesis kakek, baru keluar dari anus" terus telurnya langsung gue lempar ke muka kakek itu


kurang lebih kaya gitu, bagaimanapun cara penulisan lo, apa yang lo tulis harus bener-bener yang lo dapet dari mimpi. Jangan di buat-buat, kalo bisa sih se detail mungkin, dari warna sampai bentuk objek yang lu liat


   Intinya lo harus rajin-rajin nulis biarpun semales malesnya kalau lagi males. "emang harus banget nulis DJ?" ya haruslah anjing men, kan udah gue bilang ini pintu awalnya. Mungkin gue akan ngasih alesan kenapa DJ ini sangat penting dalam mempelajari Lucid Dream 

1) Mimpi adalah bentuk simbolik yang dikomunikasikan oleh alam bawah sadar. makannye, ada baiknya jika mimpi-mimpi tersebut disusun dan dilihat maknanya secara mendalam

2) DJ juga bermanfaat buat memicu kepekaan lo terhadap mimpi, semakin lo sering inget inget mimpi lo trus lo catet. Akan semakin banyak mimpi yang lo dapet selanjutnya (Sepengalaman gue sih) misalnya tadinya lo nulis cuman 1 kalimat, lama kelamaan lo bakal nulis 1 paragraf, bahkan 1 buku kalo lo niatmah

3) Untuk mengenalis Dream Sign(DS), DS adalah hal yang sering kali lo liat dalam beberapa mimpi lo. Gue ambil contoh dari DJ gue, dalam 5 mimpi gue sering banget mimpi tentang banjir. Nah banjir itu adalah Dream Sign

  Sebetulnya banyak manfaatnya, sisanya kalo lo kepo bisa menggali lagi lebih dalam internet. Gue cuman nulis sepengetahuan gue aja dan yang terkait dalam Lucid Dream



Kedua : Reality Check 


 


   Reality Check(RC) , atau cek realitas. Hal ini berguna buat lo terjun ke dunia mimpi, "maksudnya apa sih, harus pake tes kesadaran segala". Jadi gini men, setiap kali lo sadar atau dalam kondisi gak tidur, lo bilang dalam diri lo "apa gue lagi mimpi?" dan kemudian lo lakuin RC. Kenapa harus kaya gitu? menurut gue, semakin sering lo RC, semakin juga tertanam di alam bawah sadar. Jadi otak kita akan terbiasa melakukan RC ketika sadar(tidak tidur) dan ketika tertidur(mimpi). Gak ngerti ya? sama gue juga gatau nulis apaan. Intinya ginideh gue buat tipe RC dan kegunaannya per point biar lo paham

1) Jari tangan : ini RC yang gue gunain, dan ini berhasil buat gue.Jadi maksudnya gini, gue selalu cek jari tangan gue setiap hari, atau sesering mungkin. Nah biasanya gue selalu liat jari tangan gue itu ada 5, dalam kondisi sadar atau gak tidur. Semakin sering lo lakuin, ini akan terbawa juga ketika lo tidur, dan ketika mimpi otomatis akan melakukan hal yang serupa. Lo bakal cek jari lo, dan ketika dalam mimpi semua itu jadi aneh. Pas gue liat jari gue ada 6 atau 7 atau bahkan lebih, trus jari gue menyon-menyon gitulah jadi gajelas. Nah tandanya itu gue lagi mimpi

2) Nahan napas : kalau cara ini, lo cuman tutup idung lo aja dan jangan napas. Kalo lo mulai sesek itu tandanya lo di dunia nyata. kalau lo bisa bernapas ketika lo tutup idung, nah itu tandanya lo di dunia mimpi. Kalo lo bisa napas di depan temen lo yang lagi berak, nah itu berarti lo dewa

3) Jam tangan : Cara ini biasanya lebih sering dilakuin, setiap kali lo liat jam tangan dan bentuk jarum jam dan angkanya normal, berarti lo itu di dunia nyata. Tapi kalo lo liat jam tangan dan bentuk jarum jamnya mencong mencong gajelas dan angkanya berantakan atau aneh, itu tandanya lo lagi mimpi

   Terserah lo mau pake cara yang mana, mau pake cara gue silahkan, mau pake cara yang lainpun gakmasalah. Toh tujuannya sama, biar alam bawah sadar terbiasa untuk melakukan RC. Saran dari gue, setiap lo melihat hal-hal yang baru dan ganjil kayak perpindahan tempat,perabot atau hal ganjil yang lain. Langsung lo RC. Semakin lo sering RC, semakin besar pula peluang lo untuk sadar dalam mimpi 



Ketiga  : Teknik Lucid Dream

   Akhirnya sampe sini juga, mungkin setelah lo sering mendapat mimpi dan udah ada coretan di DJ. Lo udah bisa nyoba beberapa teknik untuk memasuki Lucid Dream. Gue bakal share beberapa teknik yang mungkin itu emang cocok buat lo lo pada :

1) WILD (Wake Induced Lucid Dream) : Teknik ini yang sering gue pake men, intinya kita harus berusaha sadar sampe lo mimpi. Hal yang mesti lo lakuin adalah

pertama : cukup rileks, lupakan sejenak beban pikiran, kayak tugas, kerjaan, dan mantan... Lalu sugestiin diri lo sendiri "gue bakal Lucid Dream!"
kedua    : Bayangin hal yang sederhana, kaya gradasi warna atau titik hitam, tapi jangan  bayangin yang aneh-aneh ,bayangin hal tersebut terus menerus sampai mengantuk. Berusaha agar tetap terjaga dengan terus membayangkan, meskipun akhirnya kita akan larut dalam mimpi 
Ketiga   : setelah otot mulai kejang sesaat, dan lama lama kita akan mengalami blackout (keadaan gelap sesaat) biasanya kita akan mendapatkan Sleep Paralysis. Maksudnya adalah, lo pernah ngalamin atau tau ketika badan lo tertidur dan gak bisa gerakin apa-apa? yang biasanya orang kita nyebutnya "ketibanan jin" ? selo aja itu gaada kaitannya sama hal mistis. Ada penjelasan ilmiah tentang Sleep Paralysis yang gak gue jelasin disini. Setelah lo ngalamin fase itu, lo cukup tenang, nikmatin alurnya~. Tapi ingat jangan sampai merasa takut, sebab kalo lo takut, tahap terakhir untuk masuk Lucid Dream ini gagal. Jadi cukup tenang aja dengan mengikuti fase itu dan kemudian lo akan ngerasa blackout lagi, atau biasanya terasa di pontang panting dan TARAAA .Welcome to the Dream WorldIngat! jangan lupa untuk selalu RC


2) MILD (Mnemonic Induced Lucid Dream) : Teknik ini ditemukan dan dikemukakan pertama kali oleh Stephen LaBerge. Beliang seorang peneliti dan ilmuwan mimpi yang telah banyak melakukan penelitian dan pengujian mengenai fenomena Lucid Dream. Langsung aja, Caranya adalah :

pertama : Niatkan diri untuk melakukan MILD sebelum tidur, seperti biasa sugestiin diri lo sendiri "gue bakal dapet Lucid Dream" bisa juga ditambahin "gue bakal gantengterserah dah sesuai kebutuhan . Teknik ini mengharuskan lo untuk bangun sebentar setelah tidur sekitar 4.5 jam, 6 jam, atau 7,5 jam. Nah tinggal pilih deh lo mau pake yang mana,  misalnya lo pake yang 6 jam. Lo tidur pukul 21.00 berarti alarm pukul 03.00. 
kedua   : setelah itu tidur seperti biasa, kalo alarm udah bunyi, langsung melek gausah banyak gerak, matiin alarmnya langsung RC. Trus inget-inget mimpi apa barusan, langsung catet di DJ. Kalo kedua-duanya udah dilakukan, bersiap untuk tidur lagi sambil visualisasikan yang pengen lo mimpiin, atau lebih bagusnya inget mimpi yang tadi. Sambil teriak dalam hati "gue lagi mimpi!" meskipun lo belum tidur, bayangin terus sampe lo masuk ke Dream World

3) WBTB (Wake Back To Bed) : yap teknik terakhir yang gue rasa cukup untuk gue share di sini, sebetulnya masih ada lagi. Tapi sejauh ini gue berhasil pake salah satu diantara 3 cara ini. Teknik ini memiliki keberhasilan untuk mendapatkan Lucid Dream yang tinggi. Teknik ini gak disaranin buat lo yang tidurnya kurang dari 7 jam, langsung aja :

Pertama : Pasang alarm 2 jam sebelum waktu bangun normal, misalnya biasanya lo bangun jam 5, berarti set alarm jam 3. Kemudian Tidurlah~

Kedua   : Saat terbangun hal pertama yang harus lo lakuin adalah RC, untuk menghindar dari False Awakening, yaitu kondisi dimana lo merasa seakan-akan lo udah bangun, padahalmah masih mimpi. Seperti 2 cara yang diatas, catet mimpi di DJ jangan lupa. Setelah kedua hal itu dilakukan, beranjaklah dari kasur selama 30 menit atau 1 jam sebelum kembali beranjak tidur. Ya terserah lo mau ngapain selama itu, mau hal bermanfaat silahkan, kayak shalat tahajud, ngaji, atau olahraga.Yaaa asal bukan olahraga tangan aja. Setelah waktu yang ditentukan udah abis, langsung balik ketempat tidur dan sugestiin diri lo "gue bakal melakukan Lucid Dream" lo harus optimis men. Biasanya juga teknik WBTB ini lo akan ngalamin Sleep Paralysis, dan setelah itu seperti cara yang lainnya. Welcome to the Dream World

   Gue rasa itu cukup untuk lo yang mau belajar Lucid Dream, masih banyak teknik lain yang lo bisa cari di berbagai sumber. Inti dari ketiga itu sih sebetulnya simple, ya lo harus bener bener niat dan optimis kalau lo bakal dapet Lucid Dream 



Keempat : Gue Berhasil! Terus Gimana?




   Setelah lo berhasil Lucid Dream pake cara yang gue sediain ataupun cara yang lain, lo mungkin akan sedikit kebingungan. "Apa yang harus gue lakuin?" mungkin itu yang ada dibenak lo ketika itu, atau "cewe mana cewe??" mungkin itu yang ada dibenak cowo  bajinganYang harus lo lakuin ketika udah memasuki Dream World adalah, atur emosi lo se stabil mungkin. Ya wajar bila berlebihan, sebab usaha lo untuk dapet Lucid Dream berhasil. Kalo emosi lo gak stabil, kayak terlalu seneng, marah ataupun takut. Jelas itu akan mempengaruhi intensitas mimpi lo, semakin kabur dan gajelas atau bahkan lo akan terbangun. Rugi kan? nah makannya ketika lo udah sadar bahwa lo itu lagi mimpi, biasain tes realitas atau RC. Setelah itu perhatiin sekeliling lo, nikmatin objek yang ada disekitar lo. Perhatikan baik-baik sekeliling lo, gunain indra pendengaran lo untuk mendengan bunyi-bunyi disekitar, cium aroma objek yang ada disana, kecap rasanya bila perlu. Biasanya awal awal dapet Lucid Dream, lo masih ngikutin alur mimpi yang dibuat alam bawah sadar, jadi nikmatin aja keberhasilan lo sesaat karena berhasil mendapatkan Lucid Dream. Gimana kalo mimpi gue udah kabur atau tidak jelas? Biasanya yang gue lakuin adalah teriak di mimpi "perjelas mimpi gue!" secara tidak langsung otak lo bakal respon dan akan mematuhi perintah kita. Apa yang bisa lakuin? Banyak sumber-sumber yang mengklasifikasikan berdasarkan tingkat lucid dreamer, seperti pemula, menengah dan pro. Menurut gue sih lo udah pro kalo lo udah bisa dapet Lucid Dream, so keep calm and do whatever you want!.

    Apa yang bisa gue lakuin? Banyak, dari yang bermanfaat sampe yang cuma-cuma. Sebetulnya gaada yang cuma-cuma sih, semua yang lo lakuin itu pasti bermanfaat. Bermanfaat yang gue maksud adalah, yang berguna dikehidupan nyata. Contohnya buat menghilangkan stres & mengurangi depresi, mengasah kreativitas, mencari potensi diri, melihat masalalu, bahkan gak mustahil untuk menyembuhkan penyakit. Gue akan jelasin per point :

A) Menghilangkan Stres & Mengurangi Depresi : lo lakuin sesuatu yang menyenangkan, ya kalau jam terbang Lucid Dream lo masih sedikit coba untuk menembus tembok, terbang, menggambar di awan, memindahkan objek dengan telepati, membuat teleport, menghentikan waktu, mempunyai tenaga super. Kalau jam terbang lo udah lumayan, bertemu atau menjadi aktor,artis atau apapun yang lo gemari. Atau kalo lo semakin dewa! bisa berhubungan seksual dengan siapapun yang lo mau, Lo bisa bunuh diri tanpa merasa sakit (ngapain juga ya), Intinya mengatur mimpi secara keseluruhan deh . Ya pokoknya sesuatu yang membuat diri lo senang yang gak tersampaikan di dunia nyata deh

B) Mengasah Kreativitas & Mencari Potensi Diri : bagi lo yang suka olahraga, musik, seni, atau apapun itu. Lo bisa mengasahnya ketika Lucid Dream, contohnya gue suka banget olahraga sepak bola dan nge fans sama Manchester United. Ketika Lucid Dream gue disana jadi pemain MU, gue coba skill-skill baru atau yang belum gue kuasain disana sampe bisa. Begitu juga halnya dengan kepentingan lo di dunia nyata yang lainnya. Gimana kalo cari potensi diri? lo cukup ngebayangin kemudian ciptain seseorang, atau bahkan diri lo sendiri. Nah lo curhat dah disana, tanya-tanya aja tentang diri lo. Sebab semua yang lo ciptain di Lucid Dream itu berasal dari otak lo , otomatis yang akan menjawab adalah alam bawah sadar lo sendiri

C) Melihat Masa Lalu : melihat masa lalu kita dengan Dream Television, yaitu TV yang lo buat untuk melihat masa lalu lo. Gimana sih caranya? cukup rumit dan butuh jam terbang yang banyak juga sih. Yang mesti lo lakuin adalah lo perintah otak lo untuk menciptakan sebuat tv dan remot tentunya, trus lo perintah otak lo untuk menampilkan apa yang gue lihat dan lakukan 10 tahun yang lalu. Ya kurang lebih seperti itulah..

D) Menyembuhkan Penyakit : MUNGKIN ya, ini spekulasi dari gue. Lo pernah denger kan cerita tentang seseorang yang berobat ke dokter karena sakit parah, dan dokter itu memberikannya obat kemudian ia sembuh. Ketika ia sudah sembuh si dokter akhirnya bilang bahwa ia memberikan obat yang berupa pil kosong. intinya seperti itu, Karena sebetulnya kekuatan terbesar dalam tubuh kita adalah otak. Luar biasa kan? orang yang sakit parah bisa sembuh dengan pil kosong? itu berasal dari sugesti lo aja men. Pil kosong aja bisa nyembuhin, apalagi lo berobat di dalam mimpi yang masih internal dari diri lo ? Tidak ada yang tidak mungkin bukan? jadi coba aja, toh gaada ruginya kan


   Mungkin itu manfaat yang lo dapet ketika lo bisa mendapatkan Lucid Dream, menurut gue masih banyak lagi yang lebih mengejutkan(?). Jadi gak sia-sia toh lo capek capek nulis DJ, sering RC, dan pake cara yang ribet lainnya. Mungkin gue cuman bisa share tentang ini aja, yang jelas pasti banyak kurangnya. Sebab yang gue tulis ini berlandaskan pengalaman gue, ya ada beberapa yang gue ambil dari sumber lain. Jadi kalo lo kurang jelas dengan penjelasan gue, lo bisa cari informasi dari luar. Sekarang udah banyak orang-orang yang bahas tentang Lucid Dream. Atau kalo lo mau nanya-nanya bisa komen atau kepoin twitter gue. Yaudah kurang lebihnya mohon maaf, wassalam








Comments

  1. Gue kejebak gabisa keluar nih, gimana solusinya?

    ReplyDelete
  2. Dulu gue pernah nyoba, berkali2 berhari2 bahkan berminggu2. Pas udh mau masuk ke LD gue gk bisa naas, asli emng gk bisa nafas. Cara satunya2 buat bisa nafas adalah nge gerakin badan gue dan pada saat itulah gue bakalan kebangun, udh gue coba, coba, dan coba buat gk bangun ttep gk bisa. Dan sampai saat ini, detik ini gue ttep gk bisa. Buat masuk ke LD smpe dstu doang usaha gue.
    Mohon solusinya :) makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa nafas pas sleep paralysis (erep2) ya berarti? cobaan tersulit emang disitu. Segala macem hal mistik emang udah terkonsep mateng di mindset kita, mengenai erep2. jadi wajar aja kalau cobaan disana beda2 sprt sesak napas, halusinasi dll. Sesak nafas muncul akibat dr rasa takut yg berlebihan secara tdk langsung. solusi terbaiknya adalah terus tanemin dalam pikiran, bahwa erep2 adalah fase terakhir untuk masuk ke dreamworld jadi seharusnya lo bahagia

      Delete
    2. Ok telat banget baru lihat blog ini, jujur mungkin gue udah LD tingkat ahli....itupun gue dapatin secara natural ga pernah liat" artikel, nama ilmiahnyapun baru tau....ya pas sleep paralyzed itu ga bisa nafas dan banyak makhluk halus ..tapi gue coba terus pikir positif alhasil mereka hilang sendiri dan gue bisa ngandelin mimpi...pertama kejadian saat sd dimana gue bisa terbang kemana yg gue mau. Gue pun udh mengerti tanda" saat gue mau LD, itu kayak ditelinga banyak suara yg berlawanan dari lingkungan kita

      Delete
  3. Okee, bismillah. Akan d coba :)

    ReplyDelete
  4. Keren lah bro sumpah
    Apalagi penjelasanlu gampang banget dimengerti dan bikin gw ngakak

    Bro gw mau tanya
    Sbenernya gw udah pernah berhasil mungkin beberapa kali masuk fase ld
    Tapi beberapa kali juga gw kejebak ama false awakening, sumpah bete banget, dan kemudian gw malah sleep paralyze (tai banget).
    Itu solusi nya gimana ya
    Biar ga terjebak ama false awakening ato bahkan ga da dapet false awakening sama sekali.
    Ya intinya mungkin karena ilmu gw masih cetek juga, jadi dengan mudahnya gw kembali ke alur mimpi =,=

    ReplyDelete
  5. Jujur ni tanpa apapun saya bisa lucid dream sendiri. Biasanya sih pas malem suka kebangun trus sulit buat tidur trus tiba2 erep2 dn jdi lucid dream. Lucid dream yg gue alamin kyaknya udah tingkat tinggi org2 yg dlem mimpi gue pegang badannya punya suhu tubuh kyk manusia . Dn kdng2 suka astral projection .pernah ap trus keluar kamar liat diplafon ada kunti emng udh biasa nongkrong disitu jdi gk takut trus ngintip kedapur dn disitu rame bget kyak ada sekumpulan hantu lagi ngumpul dn ngomong sesuatu yg tidak kumengerti akhirnya ak langsung msuk lagi kebadan. Kdng lucid dream ku juga sering diganggu mahluk halus cthnya sikunti dilt2 rumahku sering masuk kelucid dream pernah rasany hampir mati krna dlem mimpi sikunti mencekik pakek selimut. Namun skrg alhamdulilah sudah enggak ya caranya dengan memperkuat iman lebih kuat lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MENIKMATI LUKISAN ABSTRAK A LA PAMAN

CARA MENIKMATI LUKISAN ABSTRAK A LA PAMAN Oleh Sukindar Putera Entah seleraku yang payah atau bagaimana, sampai saat ini aku tak bisa menikmati lukisan abstrak sebagaimana yang paman lakukan. Sebetulnya aku sudah malas betul ke pameran semacam ini, tapi paman selalu memaksaku untuk menemaninya. Jadi apa boleh buat. Sesampainya kami di sini, seorang pria berpakaian flamboyan sedang memberikan sambutan yang membuatku ingin muntah. Kurasa apa yang disampaikannya sangat berlebihan, terlebih ketika ia mengatakan bahwa lukisan abstrak merupakan picisan jiwa sang pelukis. Astaga. Tapi rasa mual itu tak kutunjukkan, sebab tak enak jika paman melihat. Ia terlihat sangat begitu antusias. Lantas setelah sambutan yang menjijikan itu kami berkeliling untuk melihat-lihat. Paman tampak serius saat menatap setiap lukisan yang kami lalui. “Aku suka yang ini,” tiba-tiba paman berhenti di salah satu lukisan. “Lukisan ini berbeda dengan yang lainnya, seperti memiliki kekuatan yang

Setan di Indonesia mengapa berbeda dengan setan di luar negeri?

SETAN INDONESIA?   Jujur gue dulu penakut, bahkan penakut yang tingkat dewa. Dulu kalau gue mau boker gue selalu minta temenin mbak atau emak, kalau gaada yang nemenin yaudah terpaksa gue boker sendiri dengan kondisi pintu yang sedikit terbuka dan aroma tai yang menjalar keluar, mengerikan ya. Trus tanpa alasan yang jelas gue selalu manggil-manggil nama orang yang ada dirumah supaya mastiin kalo gue gak sendiri, ironis ya. Tapi sekarang udah engga kaya gitu alhamdulillah, dan gak masalah buat lo yang masih kaya gitu, menurut gue itu proses pendewasaan HA-HA. Udah gitu  kalau denger anggota keluarga atau teman yang lagi cerita-cerita horror pasti aja gue nimbrung dan tertarik buat dengerinnya, udah tau penakut tapi masih sok iye lah. Tapi dari pengalaman dan lingkungan gue sendiri, gue bisa mempelajari satu hal, itulah sebabnya gue ngambil topik setan. Pernah gak sih lo mikir kenapa Kolong Wewe gaada di Jepang? apa mungkin doi takut buat diajak bikin pilem bareng Sora Aoi?