Skip to main content

Paradigma Ke Dokter = Dapat Obat

  
   Baru-baru ini ade gue sakit demam dan muntah-muntah, dan kebiasaan emak gue panik bukan main. Dikit-dikit bawa ade gue ke dokter, panas dikit bawa ke dokter, batuk-pilek dikit bawa ke dokter, mencret dikit bawa ke dokter, giliran mencret banyak malah di rumah  apasih. Kadang gue khawatir kalo emak udah bawa obat se jebret-jebret kerumah, terus ade gue disuruh minum semuanya. Yaallah kasian gitu.. kasian uangnya. Ya lo semua taulah harga obat seberapa mahal, kalau di totalin bisalah itu buat pijet plus plus makan saudara kita yang kurang beruntung di pinggir jalan. Kadang gue mikir apa gak salah di kasih obat sebanyak itu? tapi toh itu yang bikin resep orang yang mahir di bidangnya kan. Yaudah akhirnya gue pendem pertanyaan-pertanyaan kaya gitu

    Selang beberapa hari, gue baca buku Smart Patient karya Dr. Agnes Tri Harjaningrum. Gue berterimakasih banget kepada beliau, karena pertanyaan yang gue pendem tadi tumbuh jadi pohon yang segar. Mungkin akan gue ringkas dari buku tersebut *mohon izin dok . Ternyata benar, paradigma yang seperti ini keliru. Pada cerita di buku tersebut, Dokter di belanda enggan memberikan obat apalagi antibiotik untuk anak yang mendapatkan penyakit ecek-ecek yang gue sebutkan di paragraf awal. Doi cuman nyuruh minum air putih dan wait and see katanya, separah parahnya juga doi cuman nyuruh minum parasetamol, itupun kalo panasnya di atas 40 derajat celcius. Menurut gue hampir dari kerabat atau keluarga yang gue kenal, mereka selalu panik kalo doi atau anaknya sakit dikit, udah gitu mereka minum/jejelin obat yang berjebret jebret macemnya, dan menurut mereka antibiotik itu sangat penting dalam proses penyembuhan segala penyakit. Padahal menurut buku tersebut, 95% serangan batuk pilek dengan atau tanpa demam disebabkan oleh virus, dan antibiotik tidak dapat membunuh virus. Disisi lain antibiotik malah membunuh kuman baik dalam tubuh yang berfungsi menjaga keseimbangan dan menghindarkan kuman jahat yang menyerang tubuh. Iapun mengurangi imunitas tubuh, sehingga daya tahan menurun. Akibatnya kita akan jatuh sakit setiap 2-3 minggu dan perlu berobat lagi. Nah lu ngeri banget kan, selama ini kita terjebak dalam lingkaran setan .
Sakit->Pergi ke dokter->Mendapat obat + Antibiotik->2-3 minggunya sakit lagi. 
    Maka berterimakasihlah pada Dr, Agnes Tri Harjaningrum yang sudah berani menulis buku Smart Patient dan membukakan mata kita. Masih banyak hal yang mengejutkan lagi pada buku itu, dan gak akan gue tulis disini. Intinya emang, obat merupakan berkah bagi kita semua, tapi obat bisa pula menjadi bencana ketika  kita tidak bijak memakainya. Apalagi buat lo lo pada yang tinggal di ibu kota, jangan terlalu dokter minded serta gampang tertarik liat iklan obat di tipi. Gue gak bermaksud buat ngelarang lo pergi ke dokter kalo lagi sakit, karena pengetahuan gue tentang macam penyakit yang sangat minim, mungkin ada beberapa penyakit yang membutuhkan antibiotik. Menurut Internasional Network for Rasional Use of Drug (INRUD) , salah satu faktor yang buat dokter ngasih obat banyak + antibiotik adalah pasiennya, biasanya kita gak puas kalo ke dokter tapi gak dapet obat. Jelas itu sangat keliru, sebab beberapa penyakit bisa disembuhkan hanya dengan air putih, makan teratur dan istirahat yang cukup. So jangan kecewa kalau pergi ke dokter dan gadapat obat, jadi disaranin sih lo konsultasi dulu ke dokter, apa penyakitnya bisa disembuhkan tanpa obat atau memang harus pake obat. Dari pengalaman tersebut, gue bisa belajar banyak. Emang terkadang kita merasa lebih tau dari pada orang yang ahli di bidangnya, yang ternyata perasaan lebih tau itu merupakan pisau tajam yang melukai kita sendiri. Semoga lo bisa nangkep pesan tersurat dan tersirat dari post yang ini

Comments

  1. Uang obatnya buat apa itu, kak? Hahaha.

    ReplyDelete
  2. Dokter kan cuma sarana kalau sakit yang di alami ga kunung
    sembuh klu mau pke obat warung dulu baru ke dokter

    by the way baru main ke sini salam kenal ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lucid Dream

LUCID DREAM : KESADARAN DALAM MIMPI    Apa sih yang lo tau tentang mimpi? mungkin jawaban dari beberapa orang kalo mimpi ini sesuatu fenomena yang lo dapet ketika tidur. Ya bener, lo gasalah. atau bahkan ada yang bilang itu indra ke 6. Ya bener, lo beneran giting. Tapi gua disini gamau permasalahin itu, gue disini mau sharing tentang LUCID DREAM .   Mungkin sebagian dari lo banyak yang gak tau tentang ini. Bagi lo yang gak tau, lo termasuk orang yang menyesal men. sebab tuhan menciptakan otak manusia itu luar biasa, sayang kalo lo gak gunain sebaik-baiknya. Hidup cuman sekali, hargailah setiap detik lo hidup untuk mempelajar/mengetahui hal yang baru. Pernah gak sih lo ngerasain mimpi yang begitu jelas? kaya mimpi dikejar setan, atau bahkan mimpi basah  ketemu orang yang bener-bener lo sayang. Sampe-sampe lo bilang "anjir kok nyata banget", "anjir gue bisa ngendaliin mimpi", "anjir padahal bentar lagi keluar"eh .  Ya pokoknya gitu deh, itu semua be

CARA MENIKMATI LUKISAN ABSTRAK A LA PAMAN

CARA MENIKMATI LUKISAN ABSTRAK A LA PAMAN Oleh Sukindar Putera Entah seleraku yang payah atau bagaimana, sampai saat ini aku tak bisa menikmati lukisan abstrak sebagaimana yang paman lakukan. Sebetulnya aku sudah malas betul ke pameran semacam ini, tapi paman selalu memaksaku untuk menemaninya. Jadi apa boleh buat. Sesampainya kami di sini, seorang pria berpakaian flamboyan sedang memberikan sambutan yang membuatku ingin muntah. Kurasa apa yang disampaikannya sangat berlebihan, terlebih ketika ia mengatakan bahwa lukisan abstrak merupakan picisan jiwa sang pelukis. Astaga. Tapi rasa mual itu tak kutunjukkan, sebab tak enak jika paman melihat. Ia terlihat sangat begitu antusias. Lantas setelah sambutan yang menjijikan itu kami berkeliling untuk melihat-lihat. Paman tampak serius saat menatap setiap lukisan yang kami lalui. “Aku suka yang ini,” tiba-tiba paman berhenti di salah satu lukisan. “Lukisan ini berbeda dengan yang lainnya, seperti memiliki kekuatan yang

Setan di Indonesia mengapa berbeda dengan setan di luar negeri?

SETAN INDONESIA?   Jujur gue dulu penakut, bahkan penakut yang tingkat dewa. Dulu kalau gue mau boker gue selalu minta temenin mbak atau emak, kalau gaada yang nemenin yaudah terpaksa gue boker sendiri dengan kondisi pintu yang sedikit terbuka dan aroma tai yang menjalar keluar, mengerikan ya. Trus tanpa alasan yang jelas gue selalu manggil-manggil nama orang yang ada dirumah supaya mastiin kalo gue gak sendiri, ironis ya. Tapi sekarang udah engga kaya gitu alhamdulillah, dan gak masalah buat lo yang masih kaya gitu, menurut gue itu proses pendewasaan HA-HA. Udah gitu  kalau denger anggota keluarga atau teman yang lagi cerita-cerita horror pasti aja gue nimbrung dan tertarik buat dengerinnya, udah tau penakut tapi masih sok iye lah. Tapi dari pengalaman dan lingkungan gue sendiri, gue bisa mempelajari satu hal, itulah sebabnya gue ngambil topik setan. Pernah gak sih lo mikir kenapa Kolong Wewe gaada di Jepang? apa mungkin doi takut buat diajak bikin pilem bareng Sora Aoi?